Jika pertama kali buka game Force Close, kill aplikasi yang masih berjalan di balik layar lalu buka kembali gamenya. Tampaknya game ini memerlukan free ram yang besar, karena hal ini terjadi pada Nexus 7 yang saya gunakan. Sekedar mengingatkan, versi minimal untuk memainkan game ini adalah 5.0 Lollipop. Saya test di Nexus 7 Kitkat 4.4.4 parse error apknya, setelah update ke 5.0 baru mau di Install.



Balik ke isi game, pertama akan saya bahas menu Options. Hanya terdapat beberapa pilihan options pada menu ini, diantaranya penjelasan tentang control pada game.
Untuk melakukan control karakter robot, hanya terdapat 2 buah button pada layar yaitu Move-pad Button untuk menggerakan si karakter robot, serta Rotate button untuk merubah view dan arah si robot.



Sekarang kita bahas gameplaynya. Gameplay dari game ini saya masukan ke dalam kategori Strategy, meskipun genre game ini adalah Adventure. Untuk bisa melawati Stage-stage di dalam game ini, kita membutuhkan perhitungan yang tepat akan gerak dan arah yang dilakukan si robot.


Akan terdapat kotak dan slot kotak pada game yang harus kita isi, namun tidak semudah yang dibayangkan. Untuk meletakan kotak pada slot yang tersedia, kita harus memperhitungkan kotak mana yang akan ditaruh pada slot yang tersedia. Karena ruang gerak dari robot yang kita mainkan akan dipersempit sehingga tidak bisa leluasa gerak robot yang digunakan.


Lalu background sound pada gameplay berupa Musik Instrumental. Tetap ada suara pada saat robot menggerakan object, namun Musik tersebut lebih dominan dibandingkan dengan suara lain di dalam gameplay. GoldenTricycle sebagai developer sudah memberikan pengalaman baru bagi pemain di dalam game ini. Dikemas dengan Grafik menakjubkan, game ini saya rasa menjadi salah satu game Adventure terbaik untuk platform Android.





Google Playstore : CLARC

Post a Comment